Kamis, 07 Februari 2013

Persembahan

Film animasi Wall-e
http://warsimi.blogspot.com/2012/11/bagaimana-kalau-di-bumi-tak-ada-lagi.html

Pernahkah kalian menonton film animasi di atas? Jika pernah, coba ingat-ingat kembali gambaran film tersebut dan inti ceritanya. Apa yang kamu dapatkan?

Benar jika kalian berfikir demikian, di film tersebut digambarkan keadaan bumi di masa depan yang tidak layak lagi untuk ditinggali. Tidak ada pohon, sampah dimana-mana hingga akhirnya para pendunduknya meninggalkan bumi menuju luar angkasa, hidup dengan teknologi serba canggih. Keadaan ini justru membuat manusia semakin malas sehingga terjadi perubahan pada bentuk tubuhnya. Dari film tersebut, dapat diambil nilai moral agar senantiasa menjaga lingkungan agar tidak tercemar, karena jika lingkungan sampai tercemar akan menyebabkan berbagai dampak negatif yang terjadi secara berlanjut baik bagi lingkungan maupun hidup manusia itu sendiri.


Keseimbangan ekosistem harus dijaga dan dilestarikan agar kehidupan di alam tetap berlangsung dengan sebagaimana mestinya. Perubahan sedikit saja dalam ekosistem tersebut dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam ekosistem yang nantinya juga berdampak pada kehidupan di dalamnya baik secara langsung maupun tak langsung.
animasi lingkungan yang tercemar

Perubahan tersebut bisa disebabkan oleh lingkungan yang tercemar akibat meningkatnya aktivitas manusia tanpa memperhatikan keadaan lingkungan, yang semakin lama semakin rusak. Kegiatan manusia ini menyebabkan pencemaran lingkungan yang akhir-akhir ini dampaknya semakin terasa. Udara tak lagi bersih, air tak lagi jernih, tanah tak lagi subur adalah contoh dari kerusakan lingkungan akibat pencemaran. Jika dibiarkan seperti ini, kehidupan makhluk hidup akan terganggu dan berdampak pada semua komponen penyusun ekosistem, tidak hanya pada manusia saja.


Keadaan lingkungan yang semakin buruk akibat kegiatan manusia dapat meningkatkan suhu di permukaan bumi oleh Gas Rumah Kaca yang dikenal dengan istilah Pemanasan Global. Dampak dari pemanasan global ini semakin terasa dan sudah berlangsung pada lingkungan meskipun terkadang manusia sebagai agen lingkungan tidak menyadarinya. Suhu yang semakin panas, cuaca yang tidak menentu, kekeringan dimana-mana adalah sekian contoh dari pemanasan global yang merugikan manusia. oleh sebab itu, hendaknya manusia senantiasa menjaga lingkungan ini agar tidak rusak semakin parah dengan melaksanakan pelestarian lingkungan dengan berbagai cara yang ada seperti penanaman pohon dan menggunakan teknologi ramah lingkungan. 

Blog dengan judul Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Kelas X merupakan sebuah pengembangan blog sebagai media pembelajaran yang diperuntukkan bagi siswa kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Blog ini dirancang dengan maksud dan tujuan untuk memudahkan siswa mempelajari materi pencemaran lingkungan. Pemilihan materi ini dilandasi berdasarkan Standar Kompetensi Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem dengan Kompetensi Dasar Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan atau pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.


Harapan dari perancang blog adalah siswa dapat lebih termotivasi untuk mempelajari materi ekosistem dan pencemaran lingkungan dengan suasana baru sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


SELAMAT BELAJAR!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar